Jumat, 07 Juni 2019

Bisnis dan Game of Thrones


renungan singkatFilm series besutan HBO yang cukup popular di dunia mampu membuat kita berpikir tentang apa yang telah kita kerjakan saat ini. Film itu berjudul "Game of Thrones". Film yang boleh dikata cukup panjang dengan 8 season dan berdurasi sekitar 1 jam per episode memiliki pesan-pesan yang cukup kuat dalam menjalankan kehidupan berbisnis.
Sering kali kita yang berbisnis akan membangun suatu kerajaan, bekerjasama dengan kerajaan lain, bahkan menghancurkan kerajaan lainnya. Menghancurkan kerajaan lainnya dalam dunia bisnis biasanya dilakukan oleh pemain produk yang sama dan mulai price war. Mulai dengan cara terhormat, hingga cara-cara yang dikatakan licik. Namun pada akhirnya yang menang atau kalah sama-sama merasakan kehilangan. Kehilangan teman, relasi, tim, waktu, dan banyak hal demi mendapatkan kursi kemenangan itu (Iron Thrones). Tiba-tiba mereka yang merasa dirinya menang dalam price war terkejut adanya pemain baru (kerajaan baru) yang dengan strategi barunya menyingkirkan pemain-pemain yang asyik melakukan price war.
Sobat, bisnis memang tak semudah teori-teori yang diajarkan. Tapi janganlah kita melakukan peperangan terus menerus bagaikan Game of Thrones yang berujung kehilangan segalanya. Peperangan atau persaingan dalam bisnis boleh-boleh saja, asal kita lakukan dengan hati yang bijaksana dan tetap menjadi yang terbaik dalam pengambilan keputusan. (jey ~ renungan singkat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar