Selasa, 14 Juli 2020

Jaga Mata


renungan singkatBelanja memang mengasyikan bagi sebagian orang. Apalagi kalau sudah bertabur diskon dan berhadiah. Keinginan berbelanja kebutuhan makin banyak. Tidak hanya kebutuhan pokok saja, tapi juga tambahan-tambahannya. Hal serupa yang sering saya jumpai saat menjelang libur panjang. Entah libur lebaran atau Natal dan tahun
baru. Supermarket serasa penuh, bahkan tak jarang di kasir antrian panjang hingga seperti ular.
            Menjaga mata tidaklah semudah mengenakan kaca mata. Menjaga mata dari keinginan yang bukan kebutuhan pokok harus lebih ekstra. Pernah teman saya mengatasi keinginan matanya dengan menulis catatan kebutuhan yang hendak dia beli. Setelah membeli kebutuhan tersebut lekas dia pulang, karena kalau berlama-lama atau sekedar iseng ingin melihat-lihat cukup berbahaya katanya. Dengan melihat-lihat saja nanti bisa timbul keinginan belanja lagi – bukan kebutuhan pokok.
            Sobat, untuk belanja menjaga keinginan mata harus dimulai dari hal-hal yang kecil. Kebiasaan menjaga mata untuk fokus membeli kebutuhan yang hendak dibeli saja membuat kita enggan membeli keinginan lain yang lebih besar, baik secara kasat mata (offline) maupun secara online. (jey ~ renungan singkat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar