Kamis, 31 Desember 2020

Pahami Dulu Maksudnya

pahami dulu maksudnya
Seorang pekerja di suatu perusahaan mempunyai prinsip fast response. Dia menjawab segala sesuatu serba cepat dan kilat. Alhasil dia dijuluki sebagai customer service yang sangat baik. Namun apakah itu baik ke depannya? Ternyata tidak. Dia pun sering salah merespon dari pimpinanya. Kadang kala pemimpinnya belum selesai mengutarakan maksudnya, dia sudah bertindak. Maksud yang disampaikan oleh pimpinannya adalah A hingga E, tapi dia hanya menanggapi A hingga C, karena yang D hingga E tidak dia pahami. Karena sering berbuat demikian, dia mendapat teguran yang cukup keras.

            Fast response memang baik. Namun fast response juga bisa jadi bumerang buat kita. Tidak semua harus ditanggapi secara cepat, kadang kala lawan bicara kita sedang memikirkan pembicaraan secara step by step. Jadi kita harus mendengarkan pembicaraan dengan seksama dan terperinci.

            Tidak hanya dalam pembicaraan, tapi dalam suatu percakapan teks (chatting) juga demikian. Kita harus memahi benar maksud yang disampaikan secara keseluruhan, bukan hanya sepenggal kata atau sepenggal kalimat. Hal itu akan sangat berguna agar kita terhindar dari salah paham yang merusakkan hubungan tersebut. Sudahkah kita memahami dahulu maksud dalam suatu pembicaraan? (jey ~ renungan singkat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar